Kamis, 23 Desember 2010

SCAM

Mencari uang di internet memang gampang-gampang susah. Untuk mereka yang pintar, tentu saja gampang, tapi untuk kita yang sedang belajar, ko masih susah ya? Nah, sesama orang susah, ada baiknya kita berbagi tips. Salah satunya adalah tips bagaimana kita mengenali scam. 
SCAM adalah penipuan oleh individu atau kelompok yang biasanya menggunakan sebuah situs dengan janji pembayaran apabila melakukan hal yang mereka minta. tapi pada kenyataannya mereka tidak melakukan pembayaran sesuai janji mereka. Banyak sekali situs-situs yang telah terbukti melakukan praktek SCAM.

Berikut beberapa tips yang mudah-mudahan bisa membantu kita untuk mengantisipasi terhadap program/ situs scam:

1. Check data kepemilikan domain di whois.sc



Cek melalui situs http://whois.sc . Cukup dengan mengetikkan nama domain dari situs yang akan kita cek situs ini, nanti akan terlihat secara jelas dan rinci mengenai data dari domain yang kita cek. Dari tanggal registrasi, nama pemilik, nama server dan lainnya.



2. Bukti pembayaran



Bukti pembayaran ini bisa dipadukan dengan langkah pertama tadi. Sebagai contoh ketika ada suatu situs yang menampilkan screenshoot pembayaran pada tahun 2009, namun ternyata setelah dicek di whois.sc domain tersebut ternyata baru saja diregistrasi pada tahun 2010. Jelas ini menandakan bahwa situs tersebut adalah scam. Justru jika tidak menampilkan screenshoot pembayaran bisa jadi bukan situs scam karena memang masih baru, jadi belum ada bukti pembayaran.



3. Tujuan dan cara kerja



Lihat, apa sih yang kita kerjakan setelah bergabung? Apakah earning (pendapatan) yang akan kita terima sesuai dengan kerja kita atau tidak? Sebagai contoh, apakah dengan hanya mencari referral kemudian kita akan dibayar tinggi ini masuk akal? Lalu dari mana mereka akan mendapatkan pemasukan untuk membayar kita? Lain ceritanya jika ada produk yang dijual atau lainnya, jualan link mungkin, atau mereview sebuah produk. Gunakan logika kita untuk berpikir.



4. Cari informasi di mesin pencari Google



Kita bisa menggunakan Google untuk mencari informasi lainnya mengenai program atau situs yang akan kita ikuti.



5. Mencari referensi dari situs-situs besar



Jika kita mengikuti program publisher iklan, ada baiknya kita melihat terlebih dahulu apakah ada situs-situs yang lebih besar dan lebih profesional dari kita juga mengikutinya. Jika ya, ada kemungkinan program tersebut bukanlah scam. Ini bisa menjadi pertimbangan bahwa situs yang akan kita ikuti scam atau bukan.

0 komentar:

Posting Komentar